Tentang Kami

Tentang-SPEAK-Indonesia

SPEAK Indonesia adalah sebuah lembaga yang terbentuk pada tahun 2004 di Jogjakarta dan mengembangkan kiprahnya di Jakarta. SPEAK Indonesia mempunyai perhatian khusus terhadap peningkatan kapasitas bagi institusi dan masyarakat melalui strategi komunikasi yang memberdayakan semua pihak. SPEAK Indonesia sudah lebih dari sepuluh tahun berkiprah di bidang komunikasi dan advokasi dengan wilayah pendampingan tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

SPEAK percaya bahwa dengan komunikasi yang baik, kita dapat memberdayakan masyarakat luas. Mengembangkan strategi komunikasi dan penguatan kapasitas untuk mendatangkan manfaat kepada mitra kerja menjadi tujuan utama kami. Selain mendampingi masyarakat dalam program-program pemberdayaan (community development), SPEAK juga memberikan pendampingan teknis untuk meningkatkan kapasitas dalam bidang public speaking, jurnalistik, komunikasi, advokasi dan juga riset/kajian.

Dengan mengutamakan pendekatan berdasar kebutuhan mitra serta pihak yang akan terlibat dan dibantu, kami menekankan kepada metode yang partisipatif “belajar sambil mempraktekkan”. Teknik pendampingan yang dikembangkan lebih bersifat proses untuk memampukan institusi maupun komunitas masyarakat yang dilayani.

Dalam dua tahun belakangan ini, SPEAK bekerjasama dengan beberapa pihak dan mitra dalam bidang community development dan juga pengembangan strategi komunikasi diantaranya adalah Plan International Indonesia, SIMAVI, IUWASH-USAID, WVI, SNV, ICRAF dan PwC. Kerjasama dalam pelatihan peningkatan kapasitas di bidang komunikasi, jurnalistik dan riset/kajian adalah dengan Kementerian Pekerjaan Umum, Bappenas, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan, UNICEF, WHO, YPTD, dan PDAM di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, selama 6 tahun terakhir SPEAK Indonesia dipercaya menjadi sekretariat Jejaring AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) yang merupakan forum komunikasi dan sinergi antara pelaku dan pemerhati sektor AMPL.

 

logo mitra SPEAK