SPEAK Perluas Jaringan di International Global Compact Network (IGCN)

SPEAK Perluas Jaringan di International Global Compact Network (IGCN)

SPEAK Perluas Jaringan di International Global Compact Network (IGCN)

Speakindonesia.org | JAKARTA – Bertempat di Gedung Justinus Lt. 5, Universitas Atmajaya Jakarta, SPEAK Indonesia kembali melakukan pertemuan dengan jaringan kemitraan global yang tergabung dalam Indonesia Global Compact Network (IGCN). Pertemuan tersebut berlangsung di sela-sela acara Halal Bi Halal IGCN yang berlangsung Selasa (02/07/2019) dan dihadiri pemangku kepentingan yang berasal dari pelaku usaha (private sector), Lembaga donor/International Agencies, Universitas, lembaga riset, LSM International, LSM nasional, tokoh pembangunan dan pemimpin perusahaan national serta multinational company.  SPEAK Indonesia yang diwakili oleh Wiwit Heris Mandari, Director Executive; dan Dormaringan Hs Napitu, Acting Director, bertemu dengan President Director atau Director dari beberapa perusahaan dan LSM (international dan national) untuk berbagi pengalaman dalam isu pemberdayaan masyarakat, CSR (Corporate Social Responsibility) dan kegiatan terkait isu pembangunan global (Sustainable Development Goals/SDGs).

Salah satu adalah dengan Ibu Elim Sritaba, Director of Sustainability and Stakeholders Engagement di Asia Pulp and Paper (APP) Group, dimana SPEAK Indonesia menjelaskan kegiatan sanitasi perkotaan di Jakarta dan Karawang. SPEAK Indonesia juga bertemu Bapak Y.W. Junardy, Presiden Director IGCN & UN Global Compact Expert, dan Ibu Josephine Satyono, Executive Director IGCN. Selain itu pertemuan juga dilakukan dengan Ibu Eri Enggriani, Director pada Bina Swadaya, sebuah LSM Nasional yang berpengalaman dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi sosial. Bagi SPEAK Indonesia, kehadiran pada HBH IGCN ini sangat penting untuk memperkuat kemitraan (partnership strengthening), pertukaran pengetahuan (knowledge management) dan penguatan nilai-nilai (share value) SPEAK Indonesia dengan pihak lain.

Halal bi Halal IGCN

Sebagaiamana diketahui, IGCN (https://www.indonesiagcn.org/) adalah kemitraan antar pihak untuk mendorong pencapaian target pembangunan global (SDGs) melalui pelibatan pemangku kepentingan secara aktif, khususnya dunia usaha, universitas, LSM dan pihak-pihak lain. IGCN menjadi afiliasi dari United National Global Compact (UNGC), https://www.unglobalcompact.org/ dalam memfasilitasi dan mendukung masyarakat dunia usaha dalam advokasi target pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Goals) dan nilai (value) melalui aksi dan tanggung jawab perusahaan (responsible corporate practices). Pada kegiatan HBH ini IGCN membahas perkembangan isu-isu terkait dalam SDGS, antara lain: iklim (climate), air dan sanitasi (Water and sanitation), pemberdayaan perempuan (women empowerment), pendidikan (education), hak asasi manusia (human rights), produktifitas dan penuaan (aging) dan dampak ekonomi (economy circular). Selain itu disampaikan juga isu baru untuk dipertimbangkan, yaitu soal toleransi dan perkembangan teknologi (dhs).