SPEAK Indonesia Fasilitasi Kelas Komunikasi YPTD Angkatan 88

 

Jakarta – SPEAK Indonesia kembali memfasilitasi training komunikasi kelas pendidikan tingkat Direktur dan Penata Madya Angkatan 88 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tirta Dharma di Hotel Grand Cempaka pada tanggal 3 Oktober 2018. Kegiatan training difokuskan pada materi komunikasi bisnis di sektor air minum. Hal ini sejalan dengan fokus kerja SPEAK Indonesia yang telah berpengalaman di bidang pelatihan komunikasi termasuk di sektor air minum selama 15 tahun terakhir.

 

 

 

 

Pelatihan ini dihadiri oleh 23 peserta yang terdiri dari Direktur dan Kepala Bagian berbagai PDAM di Indonesia. Pelatihan banyak mengulas dan mendiskusikan tentang strategi komunikasi untuk pelayanan PDAM. Komunikasi sendiri merupakan faktor penting dalam mendukung penyediaan pelayanan yang berorientasi pada pelanggan. Dengan komunikasi, pelayanan PDAM dapat dilakukan dengan lebih baik karena terjalin interaksi yang terbuka serta rasa memiliki dengan pelanggan.

 

PDAM juga menjadi lebih mudah untuk menyelesaikan keluhan-keluhan pelanggan. Selama ini, PDAM seringkali menghadapi keluhan pelanggan seputar permasalahan tentang penyesuaian tarif, air tidak mengalir, lonjakan tagihan, serta air yang keruh dan berbau. Dari permasalahan ini, Team SPEAK Indonesia memandu peserta untuk menyusun strategi komunikasi yang tepat sasaran.

 

Hasil diskusi kelompok menunjukkan bentuk strategi komunikasi yang beragam. Peserta mampu mengidentifikasi target audiens dari bentuk kegiatan sosialisasi atas 4 permasalahan di atas, perilaku yang diharapkan dari target audiens, pesan yang ingin disampaikan kepada target audiens, penggunaan metode dan media yang tepat dalam penyampaian pesan, serta identifikasi umpan balik yang diberikan oleh target audiens.

 

Selain itu, peserta yang hadir menunjukkan pemahaman akan materi yang disampaikan dan terlibat dalam sejumlah diskusi dan sharing dengan peserta lain didampingi mentor dari SPEAK Indonesia, Iin Mendah Mulyani. Di akhir acara, Iin menekankan pentingnya komunikasi untuk membangun kepercayaan pelanggan dan stakeholder yang menjadi mitra serta target sasaran PDAM.