LOWONGAN SPEAK INDONESIA: WASH CSR Partnership & Guide Book Editor

LOWONGAN SPEAK INDONESIA: WASH CSR Partnership & Guide Book Editor

(JOB CODE: WASHE-JKT)

Latar Belakang

Strategi Pengkajian Edukasi Alternatif Komunikasi, disingkat SPEAK, adalah sebuah yayasan berbadan hukum yang didirikan dengan tujuan mengembangkan strategi komunikasi dan kapasitas kelembagaan untuk memberi manfaat bagi klien dan mitra.

SPEAK Indonesia menyelenggarakan program pelatihan, pengembangan masyarakat, penelitian dan bantuan teknis untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, advokasi, jurnalisme, hubungan masyarakat dan mengembangkan bahan/media komunikasi. Dalam lima tahun terakhir SPEAK memiliki beberapa pengalaman bekerja di bidang air dan sanitasi, lahan spasial, kesehatan, agroforestri, transfer tunai masyarakat (program MoSA) dan termasuk kesadaran gender ke dalam sektor ini.

Untuk memastikan bahwa peningkatan akses kepada layanan sanitasi dan kebersihan air (WASH) berkelanjutan, SPEAK bekerja sama dengan The  USAID  Indonesia  Urban  Water,  Sanitation  and  Hygiene,  Penyehatan Lingkungan  Untuk  Semua  (IUWASH PLUS)  dipandu oleh hipotesis pembangunan yang berfokus pada penguatan sistem pemberian layanan sehingga mereka dapat secara lebih efektif menjangkau segmen populasi yang paling miskin dan paling rentan. Untuk mencapai hal ini, SPEAK melakukan kegiatan melalui empat komponen yang saling terkait, termasuk: 1) Peningkatan layanan WASH rumah tangga; 2) Penguatan kinerja kelembagaan WASH kota; 3) Penguatan lingkungan pembiayaan WASH; dan 4) Usaha memajukan advokasi, koordinasi dan komunikasi WASH nasional.

Untuk mendukung komponen-komponen ini, USAID IUWASH PLUS juga mengimplementasikan Komponen Keberlanjutan dan Inovasi Lokal (Local Sustainability and Innovation Component – LSIC) yang dirancang untuk memicu inovasi WASH yang memperkuat penyediaan layanan WASH komunitas, sektor swasta dan pemerintah.

Kemitraan dengan sektor swasta mencakup bantuan untuk pemangku kepentingan di tingkat kabupaten / kota dan nasional dalam upaya mempromosikan kemitraan WASH melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR).

WASH CSR Partnership & Guide Book

USAID IUWASH PLUS membantu pemerintah daerah untuk mengoptimalkan kemitraan CSR di sektor air dan sanitasi melalui tiga fokus: (1) Pengembangan kapasitas untuk pemangku kepentingan CSR lokal; (2) Mediasi dan implementasi kemitraan; dan (3) Usaha menciptakan lingkungan yang memungkinkan, termasuk pemodelan, pengembangan pedoman, berbagi pelajaran dan advokasi di tingkat nasional.

Hingga Juli 2018, USAID IUWASH PLUS mengimplementasikan program CSR untuk WASH di sepuluh kabupaten / kota, yaitu Kabupaten Gresik, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Kota Sukoharjo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Ternate, Kota Bekasi, Kota Tebing Tinggi, Kota Medan, Kota Ternate dan kota Jayapura.

Implementasi kemitraan CSR untuk WASH kabupaten / kota, terutama di kabupaten di mana kemitraan CSR berjalan, telah menciptakan kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan sehingga kemitraan berjalan secara efektif. Mempertimbangkan perlunya meningkatkan keterampilan dan sejumlah catatan tentang proses pengembangan kemitraan, USAID IUWASH PLUS sedang mengembangkan buku panduan tentang cara mengembangkan kemitraan di tingkat kota dan kabupaten. Draf buku panduan telah dibuat, dan untuk penyelesaiannya membutuhkan dukungan editor berpengalaman.

Untuk memenuhi kebutuhan di atas, kami mencari kandidat WNI yang berkualitas untuk posisi:

 

WASH CSR 

PARTNERSHIP & GUIDE BOOK EDITOR

(Job Code : WASHE-JKT)

 

Tujuan

Mendukung proses pengeditan draf buku pedoman tentang bagaimana mengembangkan kemitraan CSR di Kota / Kabupaten, dengan kualitas edit yang baik, sehingga buku panduan dapat dibaca, mudah dimengerti dan mengikuti aturan-aturan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD) ). Editor akan bekerja di bawah koordinasi WASH CSR Specialist (komponen 4) dan tim pengembangan buku lainnya dari SPEAK Indonesia.

Tugas dan Tanggung Jawab:

Tugas dan tanggung jawab Editor pada umumnya mencakup sebagai berikut:

  • Melakukan pengeditan dengan kualitas baik dalam hal konten teknis; ejaan Bahasa Indonesia, tanda baca, dan format yang baik dan bena;,
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang konsep Kemitraan (partnership), CSR (Corporate Social Responsibility), pembangunan sektor WASH dan terminologinya;
  • Mampu memenuhi jangka waktu yang disepakati untuk penyelesaian pekerjaan sesuai dengan kemahiran yang disyaratkan oleh USAID IUWASH PLUS;
  • Mampu berperan sebagai penghubung dan penasihat bagi Spesialis CSR WASH dan tim kompilasi buku mengenai dokumen terkait untuk klarifikasi apa pun yang diperlukan;
  • Menyerahkan versi final yang diedit dalam format elektronik (MS Word) yang dapat diterima oleh IUWASH.

Kualifikasi:

  • Berlatar belakang sekurang-kurangnya lulusan universitas (S1) atau pendidikan lain yang setara;
  • Diutamakan sekurang-kurangnya memiliki pengalaman 3 tahun sebagai editor;
  • Memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Indonesia dengan mengikuti kaidah EYD;
  • Berketrampilan tinggi dalam komunikasi dan kerja tim;
  • Berketrampilan mengoperasikan computer terutama program MS Word;
  • Mengenal baik peristilahan yang terkait kemitraan, CSR dan WASH.

Capaian Kerja

Buku Panduan tentang Bagaimana Mengembangkan Kemitraan CSR di Kota / Kabupaten yang diedit dengan kualitas yang baik, mudah dibaca, mudah dimengerti dan memenuhi ejaan Bahasa Indonesia (EYD), tidak terbatas pada penyusunan kalimat efektif serta format yang baik dan benar.

Jangka Waktu Kerja:

Jangka waktu kerja pekerjaan ini adalah 23 Agustus s.d. 31 Oktober 2019

 

PENGIRIMAN LAMARAN

Aplikasi dikirim dengan menyertakan Curriculum Vitae (CV) kepada hrd@speakindonesia.org selambat-lambatnya tanggal 14 Agustus 2019. Harap dituliskan CODE di baris subjek email. Mohon dimaklumi karena kami hanya akan menghubungi kandidat yang terpilih.